Pages

Subscribe:

Minggu, 11 November 2012

Hari Minggu Adven II - Tahun C

Hari Minggu Adven II - Tahun C

Warna Liturgi: Ungu
Tema:   Keagungan, kekuasaan, kasih sayang, kemuliaan, janji, kemegahan, persiapan

Antifon Pembuka

*       Hai bangsa di Sion, lihatlah, Tuhan akan datang menyelamatkan para bangsa. Ia akan memperdengarkan suara-Nya dengan megah dan menggembirakan hatimu.  (Yes 30:19.30)
 
atau

Populus Sion, ecce Dominus veniet ad salvandas gentes: et auditam faciet Dominus gloriam vocis suae, in laetitia cordis vestri.
Ps.Qui regis Israel, intende: qui deducis velut ovem Ioseph. (Graduale Romanum, p.18)
atau 

Populus Sion, ecce Dominus veniet ad salvandas gentes: et auditam faciet Dominus gloriam vocis suae, in laetitia cordis vestri.
Ps.Qui regis Israel, intende: qui deducis velut ovem Ioseph. (Gregorian Missal, p.169)
   
Doa Pembuka (C - 3)

I        Allah Bapa yang kekal, Engkau telah membuktikan kasih setia-Mu kepada manusia sepanjang zaman. Datanglah di tengah-tengah kami dan sampaikanlah sabda-Mu kepada kami. Baruilah hidup kami melalui Dia, yang membuka masa depan baru bagi kami, yaitu Yesus Kristus, Sang Adil, Al Masih yang dinantikan-nantikan. Dialah Tuhan, Pengantara kami yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. 
U       Amin.

Liturgi Sabda 
  • Bar 5:1-9 [Allah akan mempertunjukkan seri wajahmu]
  • Mzm 126:1-2ab.2cd-3.4-5.6; Ul: lih.3 [Aku wartakan karya agung-Mu, Tuhan, karya agung-Mu karya keselamatan.]
  • Flp 1:4-6.8-11 [Usahakanlah supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus] 
  • Luk 3:4.6 [Persiapkanlah jalan lurus bagi Tuhan; luruskanlah jalan bagi-Nya, dan semua orang akan melihat keselamatan yang datang dari Tuhan]
  • Luk 3:1-6 [Semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan]
Doa Persiapan Persembahan (C - 3)

I             Allah Bapa yang mahakudus, puaskanlah lapar dan haus kami akan keadilan dengan Dia, yang telah melaksanakannya dengan sempurna dan menjadi jalan kehidupan kami. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U.        Amin.
     
Prefasi Adven I
Kedatangan Kristus yang Pertama dan Kedua
Mulai Minggu Adven I sampai dengan 16 Desember
I          Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di mana pun juga kami senantiasa bersyukur kepada-Mu dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Sebab ketika dahulu datang ke dunia, Ia menghampakan Diri dan menjadi manusia lemah untuk memenuhi janj-Mu dan membuka jalan keselamatan bagi kami. Dan pada akhir zaman, bila kelak Ia datang dalam kemuliaan-Nya, kami akan memperoleh kebahagiaan sejati, yang kini kami rindukan dengan penuh harapan. Dari sebab itu, kami melagukan madah pujian bagi-Mu bersama para malaikat dan sekalian orang kudus, yang tak henti-hentinya bernyanyi/berseru:
U.             Kudus, kudus, kuduslah Tuhan,.....

Antifon Komuni 

*         Hai Yerusalem, bangkitlah dan berdirilah tegak. Nikmatilah suka cita yang datang dari Allah-Mu. (Bar 5:5; 4:36)

atau

*       Ierusalem surge, et sta in excelso: et vide iucunditatem, quae veniet tibi a Deo tuo.  (Baruch 5:5; 4:36) (Graduale Romanum, p.515)
     
atau

*       Ierusalem surge, et sta in excelso: et vide iucunditatem, quae veniet tibi a Deo tuo.  (Psalm 85:13) *Gregorian Missal, p.595)
     
Doa Sesudah Komuni (C - 3)

I          Allah Bapa di surga, pancangkanlah tanda-tanda keadilan-Mu dan datangkanlah kiranya saat di mana orang-orang dan bangsa-bangsa bersalam-salaman damai, sehingga dunia ini menjadi tempat tinggal yang aman sentosa demi Dia, yang mengumpulkan kami di sekitar altar ini, ialah Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.
U        Amin.