Pages

Subscribe:

Minggu, 11 November 2012

Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Dosa - Tahun A-B-C

Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Dosa - Tahun A-B-C

Warna Liturgi: Putih
Tema: Maria, kemurnian, kebajikan Allah
Catatan: ada Madah Kemuliaan/Gloria dan syahadat.

Antifon Pembuka

*       Aku bersukaria di dalam Tuhan, jiwaku bersorak-sorai di dalam Allahku. Sebab Ia mengenakan pakaian keselamatan padaku dan menyelubungi aku dengan jubah kebenaran, seperti mempelai laki-laki mengenakan perhiasan kepala. (Yes 61:10)
 
atau
  
Gaudens gaudebo in Domino et exsultabit anima mea in Deo meo: quia induit me vestimentis salutis, et indumento iustitiæ circumdedit me, quasi sponsam ornatam monilibus suis.
Ps. Exaltabo te, Domine, quoniam suscepisti me: nec delecasti inimicos meos super me. (Graduale Romanum, p.628)
 
atau
  
Gaudens gaudebo in Domino et exsultabit anima mea in Deo meo: quia induit me vestimentis salutis, et indumento iustitiæ circumdedit me, quasi sponsam ornatam monilibus suis.
Ps. Exaltabo te, Domine, quoniam suscepisti me: nec delecasti inimicos meos super me. (Gregorian Missal, p.673)
 
Doa Pembuka 

I         Ya Allah, dalam diri Perawan Maria yang dikandung tanpa noda, Engkau telah menyiapkan kediaman yang layak bagi Putra-Mu. Sebagaimana Engkau telah membeaskan dia dari setiap noda dosa, semoga berkat doanya Engkau pun memperkenankan kami sampai kepada-Mu dalam keadaan suci murni. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. 
U       Amin.

Liturgi Sabda 
  • Kej 3:9-15.20 [Aku akan mengadakan permusuhan antara keturunanmu dan keturunan wanita itu] 
  • Mzm 98:1.2-3ab.3bc-4; Ul: lh.1ab [Aku wartakan karya agung-Mu, Tuhan, karya agung-Mu karya keselamatan]
  • Ef 1:3-6.11-12 [Di dalam Kristus, Allah memilih kita] 
  • Luk 1:28 [Salam Maria, penuh rahmat; Tuhan sertamu. Terpujilah engkau di antara wanita]
  • Luk 1:26-38 [Engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki]
Doa Persiapan Persembahan 

I         Ya Allah, sudilah menerima kurban keselamatan yang kami persembahkan kepada-Mu pada Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda. Semoga berkat doanya kami pun bebas dari segala dosa sebab kami percaya bahwa karena rahmat-Mu ia bebas dari setiap noda. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U         Amin.
     
Prefasi 
Misteri Maria dan Gereja 
I          Sungguh layak dan sepantasnya, bahwa kami selalu dan di mana pun bersyukur kepada-Mu, Tuhan, Bapa yang kudus, Allah yang Mahakuasa dan kekal. Engkau telah melindungi Santa Perawan Maria dari setiap noda dosa asal, untuk mempersiapkan dia yang dipenuhi dengan rahmat-Mu menjadi Bunda yang layak bagi Putra-Mu; Engkau menjadikan dia awal mula Gereja, Mempelai Kristus, yang elok, tanpa cacat. Sebab, dialah perawan amat murni, yang akan melahirkan Putra-Mu, Anak Domba tak bercela yang menghapus dosa kami. Dia pulalah yang Engkau tetapkan bagi umat-Mu sebagai pengantara rahmat dan teladan kesucian. Dari sebab itu, bersama paduan suara para malaikat kami memuji-Mu dan dengan penuh sukacita memuliakan Dikau sambil bernyanyi/berseru:
U.             Kudus, kudus, kuduslah Tuhan,.....

Antifon Komuni 

*         Hal-hal mulia dikatakan tentang engkau, ya Maria, sebab dari padamu telah lahir surya kebenaran, yaitu Kristus, Tuhan kita. (Mzm 87:3; Luk 1:49)
juga dapat dinyanyikan: Luk 1:46-47,48 50,51,52,53,54,55 (Puji Syukur, no.675)

atau

Gloriosa dicta sunt de te, Maria: quia fecit tibi magna qui potens est.  (Mzm 87:3; Luk 1:49) (Graduale Romanum, p.631)

atau 
Gloriosa dicta sunt de te, Maria: quia fecit tibi magna qui potens est.  (Mzm 87:3; Luk 1:49) (Gregorian Missal, p.677)
  
Doa Sesudah Komuni 

I              Tuhan dan Allah kami, secara istimewa Engkau telah melindungi Santa Maria dari noda dosa sejak ia dikandung. Semoga sakramen yang telah kami sambut ini menyembuhkan luka-luka dosa dalam diri kami. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa.
U        Amin.