Pages

Subscribe:

Rabu, 19 Desember 2012

Hari Raya Natal - Tahun A-B-C Misa Sore Menjelang Hari Raya

Hari Raya Natal - Tahun A-B-C
Misa Sore Menjelang Hari Raya

Warna Liturgi: Putih
Tema: harapan, pemenuhan, harapan, sukacita, sejarah keselamatan, nenek moyang

Antifon Pembuka

*       Hari ini kamu akan tahu bahwa Tuhan akan datang menyelamatkan kita, dan besok pagi akan kamu saksikan kemuliaan-Nya. (bdk. Keluaran 16:6-7)
 
atau
*          Hodie scietis, quia veniet Dominus, et salvabit nos; et mane videbitis gloriam eius.
Ps. Domini est terra, et plenitudo eius: orbis terrarum, et universi qui habitant in eo. [Graduale Romanum, p.38]

atau

*         Hodie scietis, quia veniet Dominus, et salvabit nos; et mane videbitis gloriam eius.
Ps. Domini est terra, et plenitudo eius: orbis terrarum, et universi qui habitant in eo. [Gregorian Missal, p.185]

Salah satu pengaturan Misa ditawarkan dalam Graduale simplex untuk penggunaan di salah satu Misa Natal.

*          Dominus dixit ad me: Filius meus es tu: ego hodie genuite. [Graduale simplex, p.64]
Ayat-ayat Mazmur 2 juga dapat dinyanyikan antara pengulangan dari antifon tersebut.

Doa Pembuka (A-B-C)

I          Ya Allah, setiap tahun Engkau menggembirakan kami dengan menantikan penebusan. Semoga kami, yang dengan gembira menerima Putra Tunggal-Mu sebagai Penebus, layak menghadap Dia dengan hati tenang, manakala Ia datang sebagai Hakim. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U          Amin.

atau

I        Ya Alllah yang Mahamulia, kami bersuka-cita karena dalam diri Yesus Kristus, Putra-Mu, Engkau telah menyatakan diri kepada kami. Dialah cahaya dalam kegelapan, keselamatan dalam bahaya dan kedamaian dalam kegelisahan kami. Maka, kami mohon gerakkanlah kami untuk menyebarluaskan sukacita itu kepada semua orang. Dengan pengantaraan Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U           Amin 

Liturgi Sabda 
  • Yes 62:1-5 [Tuhan berkenan kepadamu.] 
  • Mzm 89:4-5.16-17.27.29; Ul:2 [Kerelaan Tuhan hendak kunyanyikan selama-lamanya]
  • Kis 13:16-17.22-25 [Kesaksian Paulus tentang Kristus, Anak Daud.]
  • Luk 1:38 [Aku ini hamba Tuhan, jadilah padaku menurut perkataan-Mu.]
  • Mat 1:1-25 [Silsilah Yesus Kristus, anak Daud.]
  •  
Doa Persiapan Persembahan (A-B-C)

I         Ya Allah, dengan semangat tinggi kami kini berada di ambang hari raya. Bantulah kami supaya sekarang juga boleh merasakan awal penebusan. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U.        Amin.

atau

I             Allah Bapa kami, terimalah persembahan kami, lambang syukur dan cinta kasih kami kepada-Mu, yang telah lebih dahulu mencintai kami dalam diri Yesus Kristus, Putra-Mu yang menjelma. Dialah Tuhan, Pengantara kami.
U           Amin. 
     
Prefasi Natal I 
Kristus Sang Terang
I          Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di mana pun juga kami senantiasa bersyukur kepada-Mu. Sebab ketika Sabda-Mu menjadi manusia Engkau memancarkan di hadapan kami keagungan-Mu yang tak terperikan. Engkau, Allah yang tak kelihatan, kini dapat kami kenal dalam diri Putra-Mu, Juru Selamat kami. Kabut yang menyelimuti hati dan budi ditembus sinar surgawi. Maka terbukalah cakrawala baru sehingga kini kami dapat mendambakan kasih karunia dan penyelamatan-Mu yang tadinya tak terbayangkan. Dari sebab itu, kami mengumandangkan kidung kemuliaan bagi-Mu bersama para malaikat dan seluruh laskar surgawi yang tak henti-hentinya bernyanyi/berseru:
U.             Kudus, kudus, kuduslah Tuhan,.....

Antifon Komuni 

*         Kemuliaan Tuhan akan dinyatakan, dan semua orang akan menyaksikan keselamatan yang dari Allah. (bdk. Yesaya 40:5)

atau

*       Revelabitur gloria Domini: et videbit omnis caro salutare Dei nostri. See Isaiah 40:5 [Graduale Romanum, p.40]
Mazmur 24:1,2,3,4,5,6,7,8 juga dapat dinyanyikan antara pengulangan dari antifon ini.

atau

*        Revelabitur gloria Domini: et videbit omnis caro salutare Dei nostri. See Isaiah 40:5 [Gregorian Missal, p.188]

 
   
Doa Sesudah Komuni (A-B-C)

I        Ya Allah, kami telah disemangati oleh perayaan menjelang kelahiran Putra Tunggal-Mu. Berilah kami kekuatan baru berkat makanan dan minuman dari misteri surgawi ini. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa. 
U            Amin.

atau

I            Ya Allah, kami bersyukur atas kelahiran Kristus yang akan segera kami rayakan. Semoga, dengan kekuatan rezeki surgawi yang telah kami terima, kami dikuatkan dalam pengharapan untuk menyambut-Nya sampai kelak Ia datang kembali dalam kemuliaan. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami.
U              Amin.