Pages

Subscribe:

Rabu, 19 Desember 2012

Hari Raya Natal - Tahun A-B-C Misa Fajar

Hari Raya Natal - Tahun A-B-C
Misa Fajar

Warna Liturgi: Putih
Tema: cahaya, kerendahan hati, sukacita kagum, tenang, ajaib

Antifon Pembuka

*     Hari ini kita diliputi terang karena Tuhan telah lahir bagi kita. Nama-Nya: Penasihat Ajaib, Allah Perkasa, Raja Damai, Bapa Kekal. Pemerintahan-Nya takkan berkesudahan.

atau

*        Lux fulgebit hodie super nos: quia natus est nobis Dominus: et vocabitur Admirabilis, Deus, Principes pacis, Pater futuri sæculi: cuius regni non erit finis.
Ps. Dominus regnavit, decorem indutus est: indutus est Dominus fortitudinem, et præcinxit se. [Graduale Romanum, p.44]

*       Lux fulgebit hodie super nos: quia natus est nobis Dominus: et vocabitur Admirabilis, Deus, Principes pacis, Pater futuri sæculi: cuius regni non erit finis.
Ps. Dominus regnavit, decorem indutus est: indutus est Dominus fortitudinem, et præcinxit se. [Gregorian Missal, p.193]

Salah satu pengaturan Misa ditawarkan dalam Graduale simplex untuk penggunaan di salah satu Misa Natal.

*          Dominus dixit ad me: Filius meus es tu: ego hodie genuite. [Graduale simplex, p.64]
Ayat-ayat Mazmur 2 juga dapat dinyanyikan antara pengulangan dari antifon tersebut.

Doa Pembuka (A-B-C)

I          Allah Bapa kami yang Mahakuasa, kami telah Kausinari cahaya baru, ialah cahaya sabda-Mu yang menjadi manusia. Kami mohon, semoga cahaya itu memancar di dalam karya kami, sebagaimana memancar di dalam budi kami karena iman. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U          Amin.
 

Liturgi Sabda 
  • Yes 62:11-12 [Lihat, Penyelamatmu datang!]
  • Mzm 97:1.6.11-12 [Hendaklah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorai di hadapan wajah Tuhan, kar'na Ia sudah datang]
  • Tit 3:4-7 [Kita diselamatkan seturut belas kasih-Nya]
  • Luk 2:14 [Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi, dan damai sejahtera di bumi bagi orang yang berkenan kepada-Nya]
  • Luk 2:15-20 [Mereka mendapati Maria, Yusuf dan si Bayi]
  •  
Doa Persiapan Persembahan (A-B-C)

I         Allah Bapa kami, semoga persembahan ini berguna bagi kami untuk menghayati misteri kelahiran Putra-Mu, yang telah menganugerahkan diri kepada kami. Semoga pula dengan benda-benda itu kami dapat mencicipi apa yang datang dari pada-Mu, sebagaimana kami dalam kemanusiaan Kristus dapat menyaksikan ke-Allah-an-Nya. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami.
U.        Amin.
        
Prefasi Natal I
Kristus Sang Terang
I          Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di mana pun juga kami senantiasa bersyukur kepada-Mu. Sebab ketika Sabda-Mu menjadi manusia Engkau memancarkan di hadapan kami keagungan-Mu yang tak terperikan. Engkau, Allah yang tak kelihatan, kini dapat kami kenal dalam diri Putra-Mu, Juru Selamat kami. Kabut yang menyelimuti hati dan budi ditembus sinar surgawi. Maka terbukalah cakrawala baru sehingga kini kami dapat mendambakan kasih karunia dan penyelamatan-Mu yang tadinya tak terbayangkan. Dari sebab itu, kami mengumandangkan kidung kemuliaan bagi-Mu bersama para malaikat dan seluruh laskar surgawi yang tak henti-hentinya bernyanyi/berseru:
U.             Kudus, kudus, kuduslah Tuhan,.....

Antifon Komuni 

*          Bersorak-sorailah, hai puteri Sion, bergembiralah, hai puteri Yerusalem. Lihatlah, Rajamu, Penyelamat dunia, datang, kudus dan jaya. (Zakharia 9:9)

atau

*        Exsulta filia Sion, lauda filia Ierusalem: ecce Rex tuus venit sanctus, et Salvator mundi (lihat Zakharia 9:9) [Graduale Romanum, p.47]
Mazmur 34 juga dapat dinyanyikan antara pengulangan dari antifon ini.

*        Exsulta filia Sion, lauda filia Ierusalem: ecce Rex tuus venit sanctus, et Salvator mundi (lihat Zakharia 9:9) [Gregorian Missal, p.197]
    
Doa Sesudah Komuni (A-B-C)

I         Allah Bapa yang Maha Penyayang, kami telah merayakan kelahiran Putra-Mu dengan khidmat dan gembira. Kami mohon rahmat-Mu, semoga kami dapat menghayati arti misteri ini dengan iman lebih mantap serta cinta kasih lebih menyala. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U            Amin.