Pages

Subscribe:

Sabtu, 10 November 2012

Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam - Tahun B

Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam - Tahun B

Warna Liturgi: Putih
Tema: Kemuliaan, keagungan, penghakiman, kedamaian, kehidupan kekal, belas kasih

Antifon Pembuka

*       Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan dan puji-pujian. Bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin. (Why 5:12, 1:6)
 
Doa Pembuka

I      Allah Bapa yang mahakuasa dan kekal, dikuduskanlah kiranya nama-Mu, sebab Engkaulah yang menghembuskan nafas kehidupan kepada apa saja yang hidup. Kami mohon, bersabdalah, ciptakanlah kami kembali menjadi manusia yang berkenan  di hati-Mu dan yang menghuni dunia ini dengan cinta kasih serta perhatian terhadap sesama, seturut citra Yesus, Adam baru, Gembala dan Raja kami, Putra-Mu dan Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
U       Amin.

Liturgi Sabda 
  • Dan 7:13-14 [Kekuasaannya kekal adanya]
  • Mzm 93:1ab.1c-2.5 [Tuhan rajaku, agunglah nama-Mu. Alam raya dan makhluk-Mu kagum memandangmu.]
  • Why 1:5-8 [Ia yang berkuasa atas raja-raja di bumi telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah.]
  • bdk. Mrk 11:9-10 21:36 [Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan. Diberkatilah Kerajaan yang telah tiba, Kerajaan bapa kita Daud.]
  • Yoh 18:33b-37  [Seperti yang kau katakan, Aku adalah raja.]
Doa Persiapan Persembahan (B - 3)

I        Allah Bapa kami bersama, berkatilah persembahan ini menjadi tanda Putra-Mu dan anugerahilah kami nafas kehidupan-Mu yang suci untuk membuat dunia ini pantas dihuni. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U.        Amin.
     
Prefasi Umum VI
Pujian kepada Pencipta Semesta Alam 
I          Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di mana pun juga kami senantiasa bersyukur kepada-Mu. Sebab dengan pengantaraan Yesus Kristus, Sabda dan Putra-Mu terkasih, Engkau menciptakan bagi kami segala yang baik dan indah di dunia ini; gunung-gemunung dan sawah ladang hijau, langit biru dengan awan-gemawan, lautan luas, alam nan indah, dan tanah yang subur. Kebijaksanaan dan kemegahan-Mu terbentang di dalam ciptaan; segala yang elok dan mulia, yang tertib dan perkasa memperoleh asal dan hidupnya dari-Mu. Kami Engkau ciptakan menurut citra-Mu sendiri dan Engkau beri hidup dalam Yesus Kristus, Putra-Mu. Oleh sebab itu, bersama semua makhluk di surga dan di dunia kami memuliakan Dikau dengan bernyanyi/berseru:
U.             Kudus, kudus, kuduslah Tuhan,.....

Antifon Komuni 

*         Tuhan bersemayam sebagai raja untuk selama-lamanya. Tuhan kiranya memberikan kekuatan kepada umat-Nya, Tuhan kiranya memberkati umat-Nya dengan damai sejahtera. (Mzm 28:10-11)

Doa Sesudah Komuni (B - 3)

I         Allah Bapa kami di surga, kami bersyukur kepada-Mu atas Yesus Tuhan kami, Sang Raja, yang berkenan menjadi Hamba demi kebahagiaan kami sekalian. Semoga sabda-Nya menuntun kami menemukan mana yang baik dan benar serta menjadikan kami orang-orang yang berkenan di hati-Mu. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami.
U        Amin.