Pages

Subscribe:

Senin, 07 Januari 2013

Hari Raya Santa Perawan Maria Bunda Allah - Tahun A-B-C

HARI RAYA SANTA PERAWAN MARIA BUNDA ALLAH -  Tahun A-B-C
Warna Liturgi: Putih

Antifon Pembuka

*               Salam, Bunda kudus, engkau melahirkan Sang Raja, yang memerintah surga dan dunia sepanjang segala masa.

*              Hari ini kita diliputi terang karena Tuhan telah lahir bagi kita. Nama-Nya: Penasihat Ajaib, Allah Perkasa, Raja Damai, Bapa Kekal. Pemerintahan-Nya takkan berkesudahan.  (Bdk. Yes 9:2.6; Luk 1:33)

Doa Pembuka (A-B-C)

I          Ya Allah, Engkau memberikan anugerah keselamatan abadi kepada umat manusia dengan bantuan doa Santa Perawan Maria. Maka kami mohon, semoga kami merasakan pertolongannya karena melalui dia kami diperkenankan menerima Putra-Mu, sumber kehidupan kami, yang bersama dengan Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U          Amin.

Liturgi Sabda  
  • Bil 6:22-28 [Mereka harus meletakkan nama-Ku atas orang Israel; maka Aku akan memberkati mereka]
  • Mzm 67:2-3.5-6.8; Ul: 2a [Berbelaskasihlah Tuhan dan adil, Allah kami adalah rahim]
  • Gal 4:4-7 [Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan]
  • Ibr 1:1-2 [Dahulu Allah bersabda kepada leluhur kita dengan perantaraan para nabi; kini Ia bersabda kepada kita dengan perantaraan Putra-Nya]
  • Luk 2:16-21 [Mereka mendapati Maria, Yusuf dan Si Bayi. Pada hari kedelapan, Ia diberi nama Yesus]
  •  
Doa Persiapan Persembahan (A-B-C)

I         Ya Allah yang Maharahim, Engkau berkenan memulai segala yang baik dan menyempurnakannya. Kami mohon, bantulah kami yang dengan gembira merayakan pesta Santa Maria Bunda Allah, agar kami bermegah atas awal karunia-Mu dan bersukacita atas kepenuhannya. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U.        Amin.
        
Prefasi Santa Perawan Maria I 
Bunda yang Tetap Perawan
I           Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di mana pun juga kami senantiasa bersyukur kepada-Mu. Khususnya pada hari raya Santa Perawan Maria Bunda Allah ini, pantaslah kami memuji dan memuliakan Dikau. Sebab ia telah mengandung Putra Tunggal-Mu karena kuasa Roh Kudus. Dia yang tetap perawan mulia memancarkan terang abadi bagi dunia, yakni Yesus Kristus, Tuhan kami. Dengan pengantaraan Kristus itu pula, para malaikat memuji keagungan-Mu bersama segenap kuasa surga. Kami pun ingin memadu suara dengan mereka, dan melambungkan pujian dengan bernyanyi/berseru:
U             Kudus, kudus, kuduslah Tuhan,.....

Antifon Komuni 

*         Yesus Kristus tetap sama: dahulu, sekarang dan selama-lamanya. (Ibr 13:8)
           
Doa Sesudah Komuni (A-B-C)

I             Ya Allah, dengan hati gembira kami telah menerima sakramen surgawi. Kami berbangga mengakui Santa Perawan Maria yang tetap perawan, sebagai Ibu yang melahirkan Putra-Mu dan yang menjadi Bunda Gereja. Maka kami mohon semoga sakramen surgawi ini membawa kami ke hidup yang kekal. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U            Amin.

Berkat 

I                Tuhan bersamamu
U               Dan bersama rohmu

I               Semoga Allah, asal dan pangkal segala berkat, melimpahkan rahmat, mencurahkan berkat, dan melindungi Saudara sepanjang tahun baru ini.
U              Amin.

I               Semoga Allah menjaga iman, meneguhkan pengharapan, dan mengobarkan cinta kasih Saudara.
U             Amin.

I         Semoga Allah menjaga jiwa raga Saudara dalam damai-Nya, senantiasa mendengarkan doa Saudara, dan mengantar Saudara menuju kebahagiaan abadi.
U             Amin.

I         Semoga Saudara sekalian dilindungi, dibimbing, dan diberkati oleh Allah yang mahakuasa: (+) Bapa dan Putra dan Roh Kudus.

Pengutusan 

D/I              Saudara sekalian, Perayaan Ekaristi sudah selesai.
U                Syukur kepada Allah.
D/I              Marilah pergi! Kita diutus.
U                Amin