Pages

Subscribe:

Minggu, 11 November 2012

Hari Minggu Adven III - Tahun C

Hari Minggu Adven III - Tahun C

Warna Liturgi: Merah Muda/Rose atau Ungu
Tema: Bersukacita, sukacita, persiapan, datang, kemuliaan, kemegahan

Antifon Pembuka

*       Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan. Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! Sebab Tuhan sudah dekat. (Flp 4:4-5)
 
atau
Gaudete in Domino semper: iterum dico, gaudete: modestia vestra nota sit omnibus hominibus: Dominus prope est. Nihil solliciti sitis: sed in omni oratione petitiones vestrae innotescant apud Deum.
Ps. Benedixisti, Domine, terram tuam: avertisti captivitatem Iacob. (Graduale Romanum, p.21)
atau

Gaudete in Domino semper: iterum dico, gaudete: modestia vestra nota sit omnibus hominibus: Dominus prope est. Nihil solliciti sitis: sed in omni oratione petitiones vestrae innotescant apud Deum.
Ps. Benedixisti, Domine, terram tuam: avertisti captivitatem Iacob. (Gregorian Missal, p.165)

Doa Pembuka (C - 3)

I        Allah Bapa yang kekal, Engkau menyediakan sukacita bagi dunia dan menghendaki agar orang-orang tinggal bersama dalam kejujuran dan cinta kasih. Kami mohon, nyatakanlah cinta kasih-Mu bila kami mendengarkan sabda-Mu dan utuslah kepada kami Duta kasih setia-Mu dalam diri Yesus, Saudara kami, sumber harapan semua orang. Dialah Tuhan, Pengantara kami yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U       Amin.

Liturgi Sabda 
  • Zef 3:14-18a [Tuhan Allah bersorak gembira karena engkau] 
  • Kid. Yes 12:2-3.4bcd.5-6; Ul: lh. 6  [Segala bangsa bertepuk tanganlah, berpekiklah untuk Allah, Raja semesta]
  • Flp 4:4-7 [Tuhan sudah dekat] 
  • Yes 61:1 [Roh Tuhan menaungi aku, Ia mengutus aku untuk mewartakan kabar gembira kepada orang-orang sederhana]
  • Luk 3:10-18 [Apa yang harus kami perbuat?]
Doa Persiapan Persembahan (C - 3)

I             Bapa yang Mahakudus, berilah kami kegembiraan berkat roti dan anggur ini. Bangkitkanlah semangat kami berkat Roh Kudus, dan limpahilah kami rasa syukur karena Kauperhatikan dalam mengenangkan Yesus Kristus, Putra-Mu dan Tuhan kami.
U.        Amin.
     
Prefasi Adven I
Kedatangan Kristus yang Pertama dan Kedua
Mulai Minggu Adven I sampai dengan 16 Desember
I          Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di mana pun juga kami senantiasa bersyukur kepada-Mu dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Sebab ketika dahulu datang ke dunia, Ia menghampakan Diri dan menjadi manusia lemah untuk memenuhi janj-Mu dan membuka jalan keselamatan bagi kami. Dan pada akhir zaman, bila kelak Ia datang dalam kemuliaan-Nya, kami akan memperoleh kebahagiaan sejati, yang kini kami rindukan dengan penuh harapan. Dari sebab itu, kami melagukan madah pujian bagi-Mu bersama para malaikat dan sekalian orang kudus, yang tak henti-hentinya bernyanyi/berseru:
U.             Kudus, kudus, kuduslah Tuhan,.....

Antifon Komuni 

*         Katakanlah kepada yang berkecil hati: tabahkanlah hati-Mu dan jangan takut. Lihatlah Tuhan, akan datang menyelamatkan kita. (Yes 35:4)

atau

      Dicite: Pusillanimes confortamini, et nolite timere: ecce Deus noster veniet, et salvabit nos.  (lih. Yes 35:4) (Graduale Romanum, p.23)
atau

       Dicite: Pusillanimes confortamini, et nolite timere: ecce Deus noster veniet, et salvabit nos. (lih. Yes 35:4) (Gregorian Missal, p.179)

   
Doa Sesudah Komuni (C - 3)

I             Allah Bapa kami yang Maharahim, dengarkanlah seruan umat manusia kepada-Mu dan pancarkanlah cahaya-Mu kepada kami. Berilah dunia harapan akan perdamaian dan buatlah iman kami berdaya guna dalam kesetiaan dan cinta kasih terhadap sesama demi Dia, yang telah mendahului menaruh cinta kasih kepada kami, ialah Yesus Kristus, Tuhan kami.
U        Amin.