Pages

Subscribe:

Rabu, 19 Desember 2012

Pesta Keluarga Kudus - Tahun C

Pesta Keluarga Kudus -  Tahun C
Warna Liturgi: Putih
Tema: kehidupan keluarga, cinta, pengertian pertumbuhan, spiritual

Antifon Pembuka

*     Para Gembala bergegas datang dan bertemu dengan Maria dan Yusuf serta Sang Bayi yang terbaring di palungan. (Lukas 2:16)


atau

*          Deus in loco sancto suo: Deus, qui inhabitare facit unamines in domo: ipse dabit virtutem et fortitudinem plebi suæ.
Ps.Exsurgat Deus, et dissipentur inimici eius: et fugiant, qui oderunt eum, a facie eius. [Graduale Romanum, p.310]

*          Deus in loco sancto suo: Deus, qui inhabitare facit unamines in domo: ipse dabit virtutem et fortitudinem plebi suæ.
Ps.Exsurgat Deus, et dissipentur inimici eius: et fugiant, qui oderunt eum, a facie eius. [Gregorian Missal, p.202]

*           Iacob autem genuit Ioseph, virum Mariae, de qua natus est Iesus, qui vocatur Christus. [Graduale simplex, p.70]

Ayat-ayat Mazmur 128 juga dapat dinyanyikan antara pengulangan dari antifon tersebut.

Doa Pembuka (C)

I          Allah Bapa yang Maha Pengasih, Engkau telah menciptakan manusia secara mengagumkan, namun secara lebih mengagumkan lagi Kaubarui dia. Kami mohon, Kauperkenankan ikut ambil bagian dalam ke-Allah-an Dia, yang telah berkenan mengenakan kemanusiaan kami. Dialah yang hidup dan berkuasa, bersama dengan Bapa dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U          Amin.

Liturgi Sabda  
  • Sir 3:2-6.12-14 [Barangsiapa takwa kepada Tuhan, ia akan menghormati orang tuanya] atau 1Sam 1:20-22.24-28 [Seumur hidupnya Samuel diserahkan kepada Tuhan]
  • Mzm 128:1-2.3.4-5; Ul: 1 atau Mzm 84:2-3.5-6.9-10 [Berbahagialah yang mendiami Rumah Tuhan]
  • Kol 3:12-21 [Tata hidup keluarga di dalam Tuhan] atau 1Yoh 3:1-2.21-24 [Kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah]
  • Kol 3:15a.16a [Semoga damai Kristus melimpahi hatimu; semoga Sabda Kristus berakar dalam dirimu]
  • Luk 2:41-52 [Yesus ditemukan orang tua-Nya sedang duduk di tengah-tengah alim ulama]
  •  
Doa Persiapan Persembahan (C)

I         Allah Bapa yang Maha Pengasih, terimalah kiranya persembahan hari raya ini. Kami mohon, semoga menjadi pepulih yang berkenan di hati-Mu serta pemenuhan ibadat kami. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U.        Amin.
        
Prefasi Natal III
Hidup yang fana diresapi daya Ilahi
I          Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di mana pun juga kami senantiasa bersyukur kepada-Mu. Sebab pada hari (masa) ini karya penyelamatan-Mu bersinar di tengah kami. Sabda-Mu menjadi manusia lemah, supaya hidup kami yang rapuh dan fana diresapi oleh daya ilahi-Mu yang abadi, dalam Kristus, Tuhan kami. Maka, kami memadukan suara dengan paduan suara para malaikat dan bersukaria memuji-Mu dengan bernyanyi/berseru:
U.             Kudus, kudus, kuduslah Tuhan,.....

Antifon Komuni 

*          Allah kita tampak di dunia, Ia bergaul dengan manusia. (Barukh 3:38)
           
Doa Sesudah Komuni (C)

I         Allah Bapa yang Maha Penyayang, kami bersyukur telah Kausegarkan dengan Sakramen surgawi. Doronglah kami meneladan Keluarga Kudus agar setelah menyelesaikan perjalanan hidup di dunia ini, pantas diikutsertakan dalam keluarga-Mu yang besar untuk selama-lamanya.
U            Amin.